Tanpa Basa Basi lagi mari kita praktek aja... langsung aja lihat contoh yang pertama dibawah ini, karena dalam pembuatan teks area nantinya akan saya bagi menjadi beberapa tingkatan yang mempunya functional tersendiri.. ni dia contohnya..

  • Pembuatan Text Area Standart / Default:
<textarea rows="5" cols="25" style="display: inline;" name="txt">Isi teks area taruh sini, bisa berupa code script ataupun teks biasa kayak ini</textarea>

Hasilnya akan nampak seperti dibawah ini


Keterangan :
rows = tinggi
cols = lebar
  • Pembuatan textarea dengan button / tombol higtlight
Untuk yang ini, adalah memudahkan pengunjung blog anda untuk memberi tanda hightlight

<center><form name="copy"><input value="Klik Tandai" onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button"/><textarea rows="5" cols="25" style="display: inline;" name="txt">Isi teks area taruh sini, bisa berupa code script ataupun teks biasa kayak ini</textarea></form></center>

Hasilnya akan nampak sperti dibawah ini.



  • Pembuatan teksarea dengan onclick hightligt
Untuk contoh yang ini hampir sama dengan textarea yang ada button hightlighnya, cuman bedanya yg tanpa menggunkan bantuan form.. nah untuk mencobanya silahkan anda klik pada halaman teksarea contoh hasil dibawah ini..

<textarea rows="5" cols="25" style="display: inline;" name="txt" onclick="this.focus();this.select()">Isi teks area taruh sini, bisa berupa code script ataupun teks biasa kayak ini</textarea>


Hasilnya akan nampak seperti dibawah ini..., anda klik aja di bagian teksareanya


  • pembuatan textarea sensitif hightlight
Untuk teks area yang ini fungsinya hampir sama dengan teks area yang barusan dicontohkan diatas ini, tapi lebih sensitif, maksudnya ketika mouse berada di wilayah teks area walaupun tanpa ngeklik tapi suda ter hightlight sendiri, ni dia contoh codenya..

<textarea rows="5" cols="25" onfocus="this.select()" style="display: inline;" onmouseover="this.focus()" name="txt" onclick="this.focus();this.select()">Isi teks area taruh sini, bisa berupa code script ataupun teks biasa kayak ini</textarea>


Hasilnya akan nampak dibawah ini, letakkan mouse anda di wilayah teks area dibawah ini agar menegetahui efek hightlight nya..



Oiya.. hampir lupa, kalo ingin merubah lebar dan tinggi tampilan textarea silahakn ganti angka angka pada kata " rows " dan " cols "

Nah contoh contoh diatas adalah sebagai contoh aja dan sebagai pembelajaran dan bisa anda kembangkan sendiri sesui dengan fungsional nya..
Moga aja membantu yah, n kalo masih bingung atau bahkan sudah berhasil membuat ini dan ingin koar koar disini juga silahkan.. monggo mas.. hehehe..
Sampai jumpai di tutorial tutorial yang menarik lainnya di http://aditya-sunajaya.blogspot.com/

0 Comments:

Post a Comment



Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Saya. Silahkan Isi pendapat anda tentang blog ini :


 

The Original Theme Editor by Aditzz. Sponsored by Link Page Report Card