Pada pembahasan proxy bag-2 ini kita akan mempelajari tentang bagaimana menggunakan proxy dengan baik, sehingga anda merasa semakin nyaman berinternet. Anda akan semakin merasa bahwa anda adalah manusia merdeka, tanpa batasan (kecuali batasan quota akses internet anda yang masih mahal). Dan yang terpenting, kini anda tidak akan bunuh diri. Guprak ….!!!!

Manajemen Penggunaan Proxy
Secara global (versi thejagat), penggunaan proxy dibagi menjadi tiga, yaitu : Built in Browser, Built in connection, dan Built in External Application. Pada pembahasan ini kita akan memahami maksud dari Built in Browser.

Built in Browser
Jika anda menggunakan proxy dengan konsep ini, maka penyamaran anda dilakukan hanya ketika anda melakukan browsing. Dan penyamaran inipun terjadi hanya pada browser yang anda gunakan. Misalnya, anda menentukan proxy di Mozilla, kemudian anda melakukan surfing di Opera, maka hasilnya anda tetap berstatus No Proxy.

Sebagai contoh, saat ini saya mengaktifkan proxy India di Mozilla, kemudian saya membuka Google. Hasilnya, google akan langsung melakukan redirect dari google.com menuju google.co.in.
Sedangkan browser Opera, karena saya tidak melakukan setting proxy, maka google.com akan tetap redirect ke google.co.id. Karena saya adalah bangsa indonesia yang adil dan sejahtera.


Installasi Aplikasi Proxy Bult in Browser
Tentu akan sangat merepotkan jika setiap kali browsing anda harus melakukan konfigurasi manual dari menu Options (Pada Mozilla) hanya untuk menggunakan proxy. Pada pembahasan ini kita akan menggunakan Add Ons dari program browser tersebut. Add ons yang menjadi favourite saya dalah Switch Proxy Tools yang dapat anda download dari :

http://mozmonkey.com/packages/switchproxy/switchproxy.xpi (install langsung)
http://mozmonkey.com/packages/loremipsum/loremipsum.d.xpi (install manual)



Mozmonkey adalah sang developer untuk addons ini. Nah, kini anda siap ber-proxy ria dengan Switch Proxy Tools. Anda tidak perlu lagi harus repot-repot membuka menu Tools – Options untuk sekedar memasukkan IP address dari proxy.

Switch Proxy Tools
Sebelum kita mulai menggunakan, kita harus mencari proxy gratis dulu. Lho ? gratis ???? berarti ada yang berbayar dong ??. Yup, anda benar. Pada dasarnya apa sih yang tidak bayar ? …. Tapi memang selalu saja ada yang berbaik hati dengan menyediakannya gratis atau dipaksa gratis untuk anda. Misalnya di www.xroxy.com, sebagian layanan disana berbayar dan sebagian lagi gratis.

Oops, ada yang protes disebelah kiri saya sekarang. Seperti apa sih wujud proxy ? Aha …pertanyaan simple namun sangat berdasar. Wujud proxy yang akan (harus) anda dapatkan adalah alamat IP address beserta port yang disediakannya. Misalnya :



Nah, pada gambar tersebut yang harus anda catat adalah IP Address dan Port-nya. Pada penggunannya di addons mozilla nanti anda akan mengetikkannya menjadi 203.115.81.197:80 untuk IP yang ber-port 80.

Tapi mohon maaf, saya tidak akan menjelaskan bagaimana penggunaan addons ini. Saya percayakan pada anda untuk melakukannya sendiri. Tapi sebagai landasan utama, pada addons ini terdapat dua hal penting, yaitu Standard dan Anonymous.


Jika anda adalah jenis manusia yang ingin selalu tersembunyi, maka sebaiknya pilih opsi Anonymous. Namun jika anda adalah manusia normal dan sekedar ingin bebas dari batasan download ANUAN, anda bisa menggunakan standard.

Hasilnya, perhatikan gambar berikut :



Nah, kini anda dengan mudah untuk berpindah-pindah Negara dengan proxy.

Bersambung ...

0 Comments:

Post a Comment



Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Saya. Silahkan Isi pendapat anda tentang blog ini :


 

The Original Theme Editor by Aditzz. Sponsored by Link Page Report Card