Penyedia layanan internet mobile sudah semakin banyak di Indonesia, baik itu yang menggunakan CDMA maupun GSM. Artikel ini akan menjelaskan pada anda cara untuk dapat melakukan sharing pada setiap koneksi internet yang menggunakan modem mobile, tidak bergantung pada merk apapun.

Pada kesempatan ini, saya hanya akan menjelaskan tentang sharing lewat LAN saja. Mengenai cara sharing lewat Wireless akan dijelaskan diartikel berikutnya.

BATASAN
  1. Tutorial ini hanya berlaku untuk koneksi LAN dengan menggunakan Hub switch sebagai penghubung. Sedangkan untuk Peer to peer dan Wireless router akan segera direlease di episode lain.
  2. Berlaku untuk seluruh jenis modem atau ISP yang menggunakan mode Dial-up.

PEMBUKAAN
Dulu, koneksi paling terkenal adalah telkomnet instant yang diakses dengan nomor dial 080989999. Dan hasil dari setting koneksi telkomnet instan ini akan menampilkan icon bergambar Monitor dan telepon di ruang Network Connections dengan nama (misalnya) telkom atau sesuai nama yang anda inginkan, seperti gambar berikut :


Konsep dasar koneksi mobile saat ini sama saja dengan telkomnet instan, yaitu menggunakan mode Dial-up modem. Artinya koneksi dapat terjadi setelah sukses memanggil suatu nomor (disebut nomor Dial) dan setelah melewati otentikasi user dan password.

Pada gambar diatas, terdapat shortcut koneksi Dial-up dengan nama Wireless Terminal. Koneksi tersebut muncul setelah saya menginstall Modem smart.
Simpelnya adalah, setiap modem mobile apapun yang anda punya, ketika sudah melewati proses installasi driver dan aplikasi maka akan secara otomatis membuat shortcut koneksi di ruang Network Connections. Mengenai nama shortcut-nya tentu saja beda-beda setiap modem, tergantung settingan dari program bawaannya.

Nah, dalam langkah sharing ini yang wajib anda ketahui adalah shortcut Koneksi modem anda dan shortcut Local Area Connection yang dapat anda lihat di Control Panel - Network Connection.


LANGKAH SHARING
  1. Pastikan internet anda tidak sedang koneksi
  2. Masuk ke Control Panel dan buka Networking. Pastikan Local Area Connection tidak ter-disable dan (tentunya) pastikan driver LAN card sudah terinstall
  3. Double Click pada shortcut modem anda, kemudian klik Anyone who uses this computer. Hal ini dilakukan agar semua PC dapat terkoneksi langsung. Sehingga, walaupun anda belum melakukan Dial, ketika salah satu PC ada yang konek, maka akan secara otomatis Dial-up.

    =======================================
    (Dalam contoh ini saya menggunakan modem smart
    yang
    shortcut-nya tertulis Wireless Terminal).
    =======================================

    Seperti gambar berikut :


  4. Masih di ruang Network Connections, Pilih shortcut modem anda, Kemudian klik kanan, pilih        Properties dan klik Advanced. Lalu beri tanda ceklis pada "Allow other network users to connect through this computer's internet connection", yang artinya kira-kira : "Mengizinkan pihak lain untuk menggunakan koneksi internet lewati komputer ini".

Seperti gambar berikut :
  5. Tinggal klik OK, dan IP komputer anda yang dipasang modem akan secara otomatis menjadi 192.168.0.1. Setelah proses ini anda  tidak perlu khawatir mengenai setting IP di komputer lain, karena setiap PC yang terkoneksi ke HUB akan secara otomatis mendapatkan IP dari DHCP komputer anda.

Selamat Mencoba ....

1 Comment:

  1. aditzz said...

    test


    May 31, 2010 at 11:50 PM


    [Reply]  


Post a Comment



Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Saya. Silahkan Isi pendapat anda tentang blog ini :


 

The Original Theme Editor by Aditzz. Sponsored by Link Page Report Card